(021) 2962 95890811 1199 104
Master Pallet, Industrial Packaging Solution

Antara Pallet Kayu dan Plastik, Mana yang Harus Dipilih?

12 April 2022

Sampai saat ini pallet kayu masih menjadi pallet yang paling banyak digunakan dan dicari di Indonesia. Selain di Indonesia dan di negara-negara berkembang lainnya, pallet kayu juga banyak dipakai di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Meskipun begitu, beberapa perusahaan lebih memilih pallet plastik dibandingkan pallet kayu sebagai pilihan terbaik untuk kegiatan operasional ekspedisi mereka. Dengan demikian, apakah antara kedua pallet tersebut memang memiliki perbedaan yang signifikan? Mana kah jenis pallet terbaik dan harus dipilih?

Perbedaan Pallet Kayu dan Plastik

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa pallet kayu dan plastik memiliki perbedaan dari segi bahan material nya. Pallet kayu terbuat dari kayu, sementara pallet plastik sudah pasti dibuat dari bahan plastik. Tapi ada beberapa hal yang membedakan antara pallet kayu dan plastik secara lebih spesifik berdasarkan pertimbangan dari berbagai aspek, diantaranya:

  • Harga

Pallet kayu : Harga murah (terjangkau)

Pallet plastik : Harga lebih mahal dibandingkan pallet kayu

  • Daya Tahan 

Pallet kayu : rentan terhadap serangan rayap dan hama serangga lainnya, mudah berjamur, mudah diperbaiki dan dapat didaur ulang

Pallet plastik : tidak rentan terhadap serangga, tidak berjamur (tidak mengandung air), sulit diperbaiki dan tidak dapat didaur ulang

  • Ketahanan Cuaca

Pallet kayu : tahan sinar matahari namun tidak tahan air

Pallet plastik : tidak tahan sinar matahari, namun tahan air

  • Resiko Terbakar

Pallet kayu : kayu ialah bahan material yang mudah terbakar

Pallet plastik : tahan api dan konduktor panas yang baik

  • Faktor Lingkungan

Pallet kayu : mudah diperbaiki, dapat didaur ulang

Pallet plastik : sulit diperbaiki, tidak dapat didaur ulang

Tips Memilih Pallet yang Tepat Sesuai Kebutuhan 

  • Berdasarkan Bidang Industri 

Industri dengan produk bermobilitas tinggi dan produk yang mudah rusak atau terkontaminasi sebaiknya memilih membeli pallet plastik daripada pallet kayu untuk efisiensi kegiatan operasional. Bagi perusahaan otomotif, pengolahan susu, farmasi, makanan, dan minuman dianjurkan memilih pallet plastik untuk menghemat biaya operasional dan mendapatkan keamanan dalam pengiriman barang perusahaan. 

  • Berdasarkan Dampak Terhadap Lingkungan 

Pallet kayu mempunyai ketahanan (durability) yang lebih rendah dibandingkan pallet kayu atau bisa dibilang lebih mudah rusak, namun pallet jenis ini lebih mudah untuk diperbaiki dan didaur ulang kembali. Sedangkan Pallet plastik memiliki ketahanan (durability) yang lebih baik, awet, dan tahan lama dibandingkan pallet kayu. Namun ketika pallet jenis ini rusak, akan sulit untuk diperbaiki.

Sekian penjelasan tentang perbedaan pallet kayu dan plastik yang umum digunakan di Indonesia. Meskipun antara kedua jenis pallet tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan pertimbangan berdasarkan kedua aspek diatas sehingga sekarang anda dapat memutuskan mana jenis pallet yang tepat digunakan oleh industri Anda.

Setelah Anda menemukan jenis pallet yang tepat namun masih kesulitan dalam menemukan pabrik pallet dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, jangan ragu untuk menghubungi Master Pallet. Customer Service kami akan dengan senang hati membantu menyediakan pallet berkualitas terbaik yang menjadi kebutuhan Anda, karena kepuasan Anda adalah prioritas kami.

WhatsApp Logo