021397024560811 1199 104
Master Pallet, Industrial Packaging Solution

Ingin Penyimpanan di Gudang Lebih Efisien? Coba Metode Ini!

8 Januari 2024

Banyak perusahaan menggunakan pallet sebagai alat penataan di gudang. Ada beberapa cara penataan pallet agar penyimpanan produk bisa dilakukan dengan efektif.

Berikut ini adalah beberapa cara penataan pallet yang umum dilakukan di perusahaan.

  1.     Block Stacking

Block Stacking mengacu pada unit produk ditumpuk ke arah atas dan disimpan berjajar menjadi sebuah baris atau blok. Pallet ditumpuk dengan ketinggian tertentu berdasarkan kriteria seperti kondisi pallet dan berat beban termasuk produk, ketinggian yang diijinkan, dan kapabilitas forklift gudang. Pallet yang disimpan dalam metode ini dapat diambil dengan metode LIFO (Last-In-First-Out). Metode ini juga tidak memakan biaya karena tidak memerlukan rak dan dapat dilakukan di berbagai tipe gudang dengan lahan yang terbuka luas.

  1. Steel Pallet Stacking Frame

Banyak perusahaan menggunakan metode ini di kala mereka membutuhkan rak sementara, di saat-saat permintaan meningkat, karena metode ini terbuat dari dek dan tonggak yang dapat dipasang dan dipindah jika diperlukan. Metode ini memungkinkan pallet ditumpuk dengan ketinggian tertentu dan secara khusus berguna ketika palet harus disimpan tanpa harus ditumpuk.

  1. Single-Deep Pallet Rack

Single Deep Pallet Racking (SDPR) menyediakan akses setiap pallet untuk dapat disimpan di rak. Hal ini sekaligus menjembatani hal “honeycombing” di stacking frames dan block stacking. Ketika sebuah palet dipindahkan, maka tempat kosong tersebut dapat diisi dengan palet lain. Tipe penempatan ini dapat disesuaikan dengan ukuran tinggi yang diinginkan. 

  1. Double-Deep Pallet Rack

Metode double-deep pallet rack adalah varian dari single deep rack yang menempatkan dua buah rak tunggal pada sebuah tempat. Metode ini mengurangi jumlah kebutuhan lorong, tetapi rentan terhadap “honeycombing”, sehingga metode ini kurang efisien dibandingkan dengan single-deep racking. Dan, dibutuhkan forklift khusus untuk dapat mengambil dua palet sekaligus agar dapat menempatkan dan memindahkan palet dari rak.

  1. Drive-In Rack

Rak metode drive-in menyediakan tempat 5 hingga 10, yang merupakan kepanjangan dari double-deep racking. Lini drive-in menyediakan akses bagi forklift untuk menempatkan atau memindahkan stok. Namun, forklift memiliki keterbatasan tempat untuk manuver dan ini membutuhkan waktu tambahan untuk menempatkan maupun mengambil palet. 

  1. Pallet Flow Rack

Pallet Flow Rack beroperasi dengan cara memindahkan beban dari satu sisi ke sisi lain dengan sebuah konveyor sederhana sehingga pallet bisa dipindahkan secara FIFO. Ketika sebuah pallet berpindah, maka posisi pallet berikutnya mengisi pallet yang dipindahkan. Metode rak ini cocok digunakan untuk gudang yang memiliki perputaran produk tinggi, tetapi opsi dengan metode  ini cukup mahal.

  1. Push Back Rack

Push back rak adalah solusi dimana beban pallet diletakkan pada penyimpanan dengan menggunakan rel penuntun. Ketika sebuah palet diletakkan di areanya, pallet tersebut akan mendorong pallet lain masuk ke tempat penyimpanan. Ketika sebuah pallet diambil, maka pallet bagian dalam akan bergeser menempati tempat pallet yang terambil. Hal ini berarti setiap lini palet memiliki ruang gerak yang cukup untuk pengambilan palet. 

  1. Cantilever Rack

Cantilever Rack memiliki fleksibilitas dalam jangka waktu penyimpanan dengan kemampuan meletakkan produk yang panjang maupun berat. Besi potongan, pipa, perabotan rumah tangga, triplek, metal dan lembaran formica adalah barang-barang yang sesuai ditempatkan di model cantilever rack. Dengan tempat rak yang kontinyu, cantilever racks cocok untuk penempatan kotak yang besar, perabotan, dll. 

Sekian penjelasan tentang metode penataan palet yang umum dilakukan di perusahaan. Meskipun berbagai metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan pertimbangan berdasarkan aspek-aspek diatas sehingga sekarang anda dapat memutuskan mana metode yang tepat digunakan di gudang Anda.

Setelah Anda menemukan metode yang tepat namun masih kesulitan dalam menemukan pabrik pallet dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, jangan ragu untuk menghubungi Master Pallet. Customer Service kami akan dengan senang hati membantu menyediakan pallet berkualitas terbaik yang menjadi kebutuhan Anda, karena kepuasan Anda adalah prioritas kami. 

palet kayu, palet ekspor, pallet kayu ekspor, perusahaan pallet kayu, pabrik palet kayu, jual palet kayu, jual pallet kayu, palet, pallet, pallet kayu, harga palet kayu, harga pallet kayu, ukuran pallet kayu, palet kayu murah, jual palet kayu murah, harga pallet, Epal, palet ispm, wooden pallet, palet kayu harga, harga kayu palet per meter, ukuran standar pallet kayu

WhatsApp Logo