(021) 2962 95890811 1199 104
Master Pallet, Industrial Packaging Solution

Jenis-jenis Sistem Rak dalam Dunia Logistik

10 Juni 2022

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia logistik, pasti sudah tidak asing lagi dengan racking system (sistem rak) yang menjadi salah satu elemen terpenting dalam gudang. Racking inilah yang menjadi tempat utama untuk menyimpan barang-barang dengan aman dan rapi. Bayangkan saja apabila tidak ada racking, maka barang-barang yang tersimpan dalam gudang akan sangat berantakan dan kacau.

Racking pun sebenarnya memiliki jenis-jenis yang berbeda dan disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing karena tidak semua barang cocok disimpan dengan metode racking system yang sama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis rak dalam pergudangan supaya Anda tidak salah membeli rak untuk menaruh barang atau produk Anda. 

Terdapat beberapa jenis racking yang sering digunakan dalam gudang, diantara nya yaitu:

1) Heavy Duty Racking

Heavy Duty Racking merupakan rak dengan kapasitas menahan beban berat. Bobot barang yang dapat disimpan menggunakan rak ini yaitu 16.000 – 20.000 kg per kolom. Sistem rak yang dapat diterapkan dengan menggunakan jenis rak Heavy Duty Racking, yaitu:

- Selective Pallet Racking (SPR): paling sering digunakan karena dapat memuat kapasitas banyak.
- Double Deep SPR: mampu menyimpan barang 2x lipat lebih banyak dibandingkan dengan sistem Selective Pallet Racking.
- Drive-In Racking: sistem rak ini digunakan untuk menumpuk barang yang tidak disimpan.

2) Medium Duty Racking

Medium Duty Racking merupakan rak dengan kapasitas menahan beban sedang. Bobot barang yang dapat disimpan menggunakan rak ini yaitu 300 – 1.200 Kg per kolom. Sistem rak yang dapat diterapkan dengan menggunakan jenis rak Medium Duty Racking, yaitu:

- Longspan Racking System: Terbuat dari bahan yang cukup kuat, namun tidak sekuat sistem Medium Duty Racking.

3) Light Duty Racking

Di antara kedua jenis rak sebelumnya, kapasitas rak ini tidak sebesar Heavy Duty Racking dan Medium Duty Racking. Bobot barang yang dapat disimpan menggunakan rak ini kurang lebih 400 kg per kolom. Sistem rak yang dapat diterapkan dengan menggunakan jenis rak Light Duty Racking, yaitu:

- Boltless Shelving System: sistem rak ini biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai jenis barang seperti yang digunakan di supermarket atau swalayan.

Semoga penjelasan diatas menjadi pengetahuan baru bagi Anda tentang jenis-jenis racking system (sistem Rak) yang biasa digunakan di dalam gudang. Jika anda membutuhkan pallet berkualitas dengan harga terjangkau untuk rak gudang Anda, silahkan hubungi kami di layanan Customer Service. Customer Service kami akan dengan senang hati membantu kebutuhan Pallet Anda, karena kepuasan Anda adalah prioritas kami.

palet,palet kayu,pallet kayu,pallet plastik,harga pallet plastik, pallet plastik bekas, harga paletharga palet kayuharga palet kayu bekasharga pallet plastik bekasukuran pallet kayu, jual palet kayupalet plastikjual kayu palet terdekatkayu paletsewa hand palletsewa pallet plastik, jual beli palet bekas, jual pallet plastikharga kayu paletukuran pallet plastikpallet plastik baru, sewa pallet kayuharga pallet plastik baru.

WhatsApp Logo