021397024560811 1199 104
Master Pallet, Industrial Packaging Solution

Mengenal Fungsi dan Jenis Pallet bagi Industri Anda

18 Desember 2023

Setiap orang yang berkecimpung di dunia logistik dan pergudangan, pasti sudah tidak asing mendengar istilah pallet atau bahkan melihat wujudnya langsung. Di dalam manajemen logistik, pallet sangat dibutuhkan untuk memudahkan penyimpanan barang di gudang. Pallet dikenal sebagai alat yang terbuat dari kayu berbentuk persegi datar dengan rongga-rongga, atau kita bisa menyebutnya sebagai struktur yang mendukung pengangkutan barang melalui rongga khusus pada bagian bawah pallet sehingga dapat memudahkan forklift, handstacker, handpallet, dan crane dalam mengangkut dan mengatur posisi atau letak barang.

Bagaimana jika dalam kegiatan operasional ekspedisi tidak menggunakan pallet? Tentunya dalam proses tersebut akan menjadi lebih lamban dan lebih banyak menggunakan energi sumber daya perusahaan. Oleh karena itu, penggunaan pallet ini menjadi salah satu hal krusial dalam kegiatan ekspedisi yang bertujuan untuk menghemat waktu dan biaya operasional, serta mempermudah perpindahan barang dari suatu tempat (gudang) ke tempat lain sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi pallet dan jenis-jenis pallet dalam dunia logistik. 

Fungsi Pallet

  1. Fungsi pallet ialah menjadi alas yang digunakan untuk memindahkan dan mengatur posisi barang yang harus diletakkan. Pallet sangat membantu proses bongkar dan muat barang sehingga pallet berperan penting dalam mempercepat dan mengefisiensikan kinerja dari kegiatan operasional ekspedisi.
  2. Fungsi pallet dapat melindungi barang dari lantai atau alas bangunan yang kotor maupun lembab (basah) yang dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang lainnya. 

Jenis-jenis Pallet

  • Pallet Berdasarkan Bahan Material

1. Pallet Kayu

Pallet ini terbuat dari kayu, khususnya banyak ditemui bahan pallet kayu terbuat dari kayu jati belanda, dan kayu mahoni (namun terdapat juga bahan kayu lainnya). Jenis pallet ini paling banyak digunakan oleh berbagai perusahaan logistik & ekspedisi dikarenakan bahan baku kayu cukup mudah diperoleh dan tersebar di banyak tempat mengingat Indonesia adalah negara pengguna pallet kayu terbanyak di dunia.

2. Pallet Plastik

Pallet ini terbuat dari plastik, pada permukaan atasnya tertutup rata atau berbentuk jaring. Pallet ini bersifat tahan lama karena pallet ini memiliki kelebihan dari segi bahannya yang awet dan tidak mudah rusak akibat terendam air maupun gangguan suhu sekalipun. Sehingga pallet ini biasanya digunakan untuk pengangkutan barang makanan, minuman, dan obat-obatan

3. Pallet Kardus

Pallet ini terbuat dari kertas kardus, akan tetapi meskipun terbuat dari kardus pallet ini mampu menahan beban dengan berat lebih dari 100 kg dan ramah lingkungan karena bisa di daur ulang. Namun sayangnya pallet jenis ini tidak tahan air karena materialnya yang berasal dari kertas kardus. 

4. Pallet Logam

Pallet ini secara umum terbuat dari besi, dan merupakan pallet paling kuat dan mahal dibandingkan jenis pallet lainnya. Walaupun jenis pallet ini terbilang yang paling kuat, tetapi ia juga mempunyai kelemahan yaitu tidak tahan air karena dapat menyebabkan karat. Kecuali jika pallet logam terbuat dari bahan besi yang tahan terhadap karat.

  •  Pallet Berdasarkan Drive Direction

1. Pallet 2 Ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 sisi, yaitu sisi depan dan juga sisi belakang.

2. Pallet 4 Ways

Pallet 4 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 sisi yaitu sisi depan, sisi belakang, sisi kiri dan kanan.

Demikianlah kegunaan dan jenis-jenis pallet yang umum digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Setiap pallet memiliki kelebihan dan kekurangan nya tersendiri, sehingga dari penjelasan pallet di atas, manakah pallet yang tepat bagi kebutuhan industri Anda? 

Jika Anda masih belum dapat menentukan pallet yang tepat, jangan ragu untuk menghubungi Master Pallet. Customer Service kami akan dengan senang hati membantu menyediakan pallet berkualitas terbaik yang menjadi kebutuhan Anda, karena kepuasan Anda adalah prioritas kami. 

WhatsApp Logo